Extreme Productivity Workshop

Setiap perusahaan tentunya ingin terus berkembang, ingin memiliki karyawan yang produktif agar produktivitas penjualan terus meningkat. Namun produktivitas seringkali disalah artikan. Produktivitas bukan semanta-mata rajin bekerja 8 jam sehari, tapi lebih pada pada hasil akhirnya. Bekerja seefisien mungkin, tapi mendapatkan hasil akhir yang lebih baik, kurang lebih seperti itulah menjadi produktif. 
Coach Tom · 09/02/2019

Tak jarang perusahaan menginginkan produktivitas penjualan dengan cara  menekan tim dengan target penjualan. Akhirnya alih-alih meningkatkan produktivitas justru membuat karyawan mengalami tekanan dan tidak dapat meningkatkan produktivitasnya. Lantas bagaimana cara meningkatkan produktivitas agar tidak membuat karyawan merasa terbebani? 

Bekerja dengan efektif dan efesien, seperti itulah kiranya gambaran yang produktif.  Jika menginginkan karyawan yang produktif, tentunya diperlukan strategi cara meningkatkan produktivitas.  Ada banyak cara meningkatkan produktivitas karyawan, berikut ini beberapa diantaranya:

Jam kerja yang tidak berlebihan

Banyak perusahaan yang beranggapan bahwa karyawan yang lembur hingga larut malam merupakan komitmen terhadapt perusahaan. Padahal dengan jam kerja yang panjang justru akan membuat produktivitas semakin berkurang akibat dari rasa kantuk, lelah, juga stres.

Mengatur jam kerja dengan wajar mungkin terkesan sepele, tapi justru ini merupakan salah satu cara meningkatkan produktivitas yang paling sederhana. Dengan jam kerja yang tidak telalu lama bisa mendorong untuk lebih produktif.

Berikan motivasi pada karyawan

Berikutnya cara meningkatkan produktivitas bisa dengan memberikan motivasi pada karyawan perusahaan. Ada banyak cara untuk memberikan motivasi. Salah satu yang termudah adalah dengan memberikan semangat. Kata-kata sederhana yang mengandung pesan positif seperti “Semangat ya”, “Kerja bagus”, mampu membuat karyawan lebih bersemangat dalam bekerja.

Selain kata-kata positif, perusahaan juga bisa memberikan rewards seperti kenaikan jabatan, bonus, dan lain-lain untuk menjadi motivasi karyawan agar lebih produktif. Tanpa adanya motivasi dalam diri karyawan, bisa membuat karyawan lebih cepat bosan dengan pekerjaannya. 

Berikan peralatan yang mendukung

Cara meningkatkan produktivitas berikutnya adalah dengan melengkapi peralatan yang memadai untuk mendukung produktivitas karyawan dalam bekerja. Dengan adanya peralatan tersebut, karyawan jadi bisa bekerja dengan lebih mudah dan cepat. Tentunya ini akan sangat membantu untuk meningkatkan produktivitas perusahaan yang berakhir dengan memberikan keuntungan pada perusahaan.

Berikan pelatihan pada karyawan

Adakan pelatihan manajemen organisasi pada karwayan. Dunia bisnis terus mengalami perkembangan dan perubahan, karenanya kemampuan karyawan harus terus diupgrade mengikuti perkembangan yang ada. 

Dengan pelatihan manajemen organisasi,  karyawan akan mampu meningkatkan produktivitas, karena adanya pelatihan ini bukan saja meningkatkan kemampuan tapi juga bisa menyegarkan pikiran karyawan sehingga jadi lebih bersemangat. Berikanlah pelatihan manajemen organisasi ini secara berkala. Dengan adanya keahlian baru dari pelatihan manajemen organisasi ini, karyawan bisa bekerja lebih baik.

Komunikasi dengan karyawan

Selain mengadakan pelatihan manajemen organisasi, melakukan komunikasi secara langsung dengan karyawan juga bisa menjadi cara meningkatkan produktivitas perusahaan. Luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan karyawan, dengarkan keluhan yang menjadi hambatan dalam bekerja, cari solusi bersama-sama. Selain keluhan, biasanya karyawan juga akan memberikan masukan cara meningkatkan produktivitas. Dengan komunikasi seperti ini biasanya karyawan akan lebih merasa dihargai dan akan lebih bersemangat dalam bekerja. 

Berikan tugas yang realistis

Biar bagaimanapun, setiap orang tentunya memiliki batasan atas kemampuannya. Meski sudah mengiktui pelatihan manajemen organisasi, tapi tetap pastikan untuk tidak memberikan tugas di luar batas kemampuan karyawan. Karana alih-alih meningkatkan produktivitas, bila memberikan tugas di luar batas kemampuan yang ada justru bisa membuat karyawan demotovasi. Karananya pastikan memberikan tugas yang realistis sesuai dengan kemampuan karyawan agar bisa lebih produktif.

Kelebihan memberikan pekerjaan justru bisa membuat karyawan malah menunda-nunda dan menjadi tidak produktif. Saat memberikan pekerjaan perusahaan harus bisa menganalisa kemampuan karyawan dan memberikan target yang akan menjadi motivasi bagi karwayan dalam bekerja. 

Ubah peran dan tanggung jawab karyawan

Cobalah untuk mengubah peran dan tanggung jawab karyawan sesekali. Memang, karyawan yang fokus dengan pekerjaan tertentu bisa membuat karyawan tersebut menjadi ahli pada pekerjaannya. Namun tidak jarang lambat laun karyawan tersebut menjadi bosan sehingga produktivitas menurun. 

Mengubah peran dan tanggung jawab karyawan juga bisa menjadi salah satu cara meningkatkan produktivitas. Cobalah untuk mempertimbangkan memberikan tugas yang baru pada karyawan yang berbeda. Tapi meski begitu, perusahaan tetap harus mempertimbangkan kemampuan dan keahlian karyawan ya. Dengan memberikan tanggung jawab baru ini, bukan saja menjadi cara meningkatkan produktivitas karyawan, tapi juga membuat karyawan memperluas kemampuannya.

Lakukan evaluasi

Langkah terakhir untuk cara meningkatkan produktivitas adalah jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi. Lihat pekerjaan apa yang selama ini mengalami produktivitas tinggi dan yang rendah. Bandingkan proses keduanya. Cari tahu permasalahan yang ada, dan segera cari solusi agar produktivitas bisa kembali meningkat. 

Dengan melakukan cara mengingkatkan produktivitas melalui evaluasi seperti ini, perusahaan akan terbantu untuk meningkatkan penjualan sebaik mungkin. Usahakan untuk evaluasi ini secara rutin dan berkala.  Bantulah karyawan dalam memecahkan permasalahan yang ada bila tidak bisa dipecahkan seorang diri. 

Nah itu 8 cara meningkatkan produktivitas perusahaan.  Memang untuk meningkatkan produktivitas perusahaan erat kaitannya dengan kondisi karyawan. Karenanya selain kemapuan karyawan perlu ditingkatkan melalui pelatihan manajemen organisasi, menciptakan lingkungan kerja yang positif dan menyenangkan juga menjadi cara meningkatkan produktivitas perusahaan. Mencari karyawan mungkin memang bukan hal yang sulit, tapi membuat karyawan merasa nyaman dan bekerja dengan produktif perlu menjadi perhatian bagi perusahaan.

Informasi Lain-nya Tentang Kursus

  • Lama kursus : 4 Jam
  • Pengajar : Coach Tom MC Ifle
  • Workbook : PDF

About Instructor

Coach Tom

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

51 Courses

+12 enrolled
Not Enrolled
IDR 1,975,000

Course Includes

  • 18 Lessons
  • Course Certificate