Full Year Plan 2018

Sudahkah Anda menyusun rencana kerja di tahun 2018. Coach Tom mengajak Anda untuk menelaah kembali rencana bisnis di tahun 2018 dengan memberikan insight-insight apa yang akan terjadi di tahun 2018 yang harus Anda antisipasi.
Coach Tom · 19/03/2018

Kamu hendak memulai usaha baru? Apakah kamu sudah membuat rencana bisnis atau business plan? Bila belum, kamu harus segera membuat perencanaan yang matang. Karena tanpa perencanaan, nantinya kamu akan kesulitan menjalankan usaha tanpa tujuan yang jelas. Rencana bisnis ini juga akan membantu kamu dalam mengevaluasi kegiatan usaha. 

Pengertian rencana bisnis adalah sebuah penyataan tertulis mengenai bisnis yang akan dijalankan, mulai dari biaya, tujuan, visi, misi, dan lainnya. Nantinya dengan adanya business plan ini, akan memudahkan kamu dalam mengevaluasi kegiatan usaha. 

Penting untuk membuat rencana kerja tahunan. Rencana kerja tahunan ini berlaku untuk semua jenis bisnis, baik itu dalam bidang jasa maupun jual beli. Bukan hanya untuk usaha besar saja yang memerlukan rencana kerja tahunan, tapi usaha skala kecil maupun besar tetap memerlukan untuk membuat rencana bisnis agar memudahkan membuat strategi usaha serta nantinya mengevaluasi kegiatan usaha. Salah satu manfaat lain dari adanya rencana bisnis adalah untuk membuat tujuan serta prioritas bisnis menjadi lebih jelas. 

Meski pada akhirnya manfaat dari membuat rencana kerja tahunan adalah untuk memudahkan mengevaluasi kegiatan usaha, tapi ada 10 manfaat dari rencana bisnis ini. Biar enggak dikira teori semata, yuk kita bahas satu per satu. 

Yang pertama dengan memiliki rencana bisnis, kamu akan tetap menjalankan sesuai dengan strategi yang sudah kamu buat. Ada kalanya kita kesulitan untuk tetap teguh pada strategi yang sudah kita rencanakan. Nah, dengan memiliki rencana kerja tahunan, kamu bisa membuat rangkuman poin-poin dari strategi yang sudah kamu buat sebagai pengingat dan untuk mengevaluasi kegiatan usaha.

Yang kedua, tujuan bisnis akan semakin terarah. Gunakan rencana kerja tahunan untuk menetapkan dan mengelola target yang spesifik, seperti target penjualan, pengunjung website, hingga peluncuran produk baru. 

Yang ketiga, forecast akan lebih baik. Tentunya dari awal membangun bisnis kamu sudah membayangkan angka-angka seperti penjualan, potensial pasar, biaya penjualan, dan lain-lain bukan? Tapi dengan adanya rencana bisnis, forecast atau perkiraan hasil penjualan akan lebih rasional. Gunakan forecast ini untuk mengevaluasi kegiatan usaha yang kamu miliki. 

Yang keempat, dengan membuat rencana kerja tahunan,  prioritas seperti pertumbuhan bisnis, manajemen, serta kesehatan financial akan lebih masuk akal. Gunakan rencana kerja tahunan ini untuk mengevaluasi kegiatan usaha seiring perkembangan bisnis. 

Yang kelima, gunakan rencana bisnis ini untuk menyusun strategi berikutnya. Misalkan kamu akan meluncurkan sebuah produk baru, kamu bisa memasukannya ke dalam rencana bisnis seperti kapan waktu rilisnya dan waktu tes pasar.  Tentunya dengan adanya rencana bisnis ini membuat kamu lebih teroganisir. Jangan lupa untuk selalu mengevaluasi kegiatan usaha terlebih dahulu sebelum mulai membuat strategi berikutnya.

Keenam, membuat rencana kerja tahunan akan membantu usaha yang kamu rintis tetap dijalur yang semestinya. Gunakan rencana kerja tahunan ini untuk melancak deadlines

Ketujuh, kamu akan lebih baik dalam mendelegasikan tanggung jawab. Tentunya kamu tidak akan seorang diri dalam membangun usaha ini bukan? Kamu akan butuh orang-orang yang kamu percaya untuk mengerjakan pekerjaan sesuai dengan bidangnya. Rencana bisnis merupakan wadah yang ideal untuk siapa saja yang bertanggung jawab atas apa. Tentunya setiap tugas penting harus memiliki satu orang penanggung jawab. Jangan lupa untuk terus mengevaluasi kegiatan usaha dan tanggung jawab masing-masing orang. 

Berikutnya yang kedelapan nih, manfaat dari rencana bisnis ini  juga membantu kamu dalam mengelola tim kerja kamu. Kalau tadi sebelumnya memudahkan kamu dalam mendelegasikan tanggung jawab, yang ini kamu bisa dengan mudah mengevaluasi kinerja tim. Benar banget, bukan rencana bisnis ini bukan hanya membantu untuk mengevaluasi kegiatan usaha, tapi juga mengevaluasi kinerja tim. 

Tidak sedikit pelaku usaha yang mengaku merasa sulit untuk mengevaluasi kinerja tim. Dengan adanya rencana yang spesifik mengenai setiap tugas yang harus dikerjakan oleh anggota tim, kamu akan lebih mudah memberkan penilaian terhadap performa kerja mereka. 

Manfaat yang kesembilan dengan membuat rencana kerja tahunan adalah kamu jadi mampu merencanakan dan mengelola kas keuangan dengan baik. 

Di awal tadi sudah sempat disinggung bahwa dalam rencana bisnis mencakup banyak hal, salah satunya adalah rencana keuangan. Kesalahan dalam merencanakan keuangan bisa berakibat cukup fatal, oleh karena itu penting untuk memasukan rencana keuangan dalam rencana kerja kerja tahunan. Jangan sampai ketika kamu mengevaluasi kegiatan usaha, ternyata anggaran yang kamu buat salah, atau bahkan sampai minus sehingga menimbulkan kerugian yang besar.

Buatlah rencana keuangan yang cukup detail dan mencakup anggaran untuk penjualan, marketing, penambahan aset, hingga hutang yang harus dibayar.

Last but not least, yang kesepuluh. Mengevaluasi kegiatan usaha yang kamu miliki secara berkala agar terhindar dari kegagalan.  Dengan membuat rencana kerja tahunan, kamu akan ditutuntut untuk lebih proaktif dalam usaha yang kamu jalankan. Rencanakan hal-hal yang kamu harapkan akan terjadi dalam rencana kerja tahunan, jangan menunggu sampai terjadi dengan sendirinya. 

Meski ada mitos yang megatakan bahwa dalam membangun bisnis kita harus bisa memprediksi masa depan, tapi yang sebenarnya adalah kita membuat rencana kerja tahunan dan mengevaluasi kegiatan usaha. Dengan adanya rencana kerja tahunan ini, kita dapat mengelola masa depan. 

Nah itu tadi 10 manfaat yang bisa didapatkan dengan membuat rencana bisnis. Memang membuat rencana bisnis itu akan menyita waktu. Tapi rencana kerja tahunan ini tidak harus selalu menggunakan format formal kok. Kamu bisa membuat rencana kerja tahunan dengan susai dengan gaya kamu seperti dengan membuat poin-poin ataupun dengan tabel. Yang paling penting adalah rencana bisnis ini dibuat dengan pertimbangan yang matang. 

Yang tidak kalah penting dalam membangun bisnis adalah untuk selalu mengevaluasi kegiatan usaha secara berkala agar kamu selalu berada sesuai dengan sudah kamu rencanakan. 

About Instructor

Coach Tom

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

50 Courses

+7 enrolled
Not Enrolled
IDR1975000

Course Includes

  • 3 Lessons
  • 20 Topics