Team,

Rahasia Membangun Loyalitas Karyawan

Cara membuat karyawan loyal selalu menjadi pertanyaan bagi banyak pengusaha. Hal ini cukup beralasan mengingat pentingnya loyalitas dalam bisnis. Pengusaha yang memiliki karyawan loyal juga cenderung lebih mudah dalam menghadapi persaingan bisnis. 
Coach Tom · 16/05/2020

Loyalitas sendiri tidak hanya bagus untuk bisnis. Dengan loyalitas, karyawan juga menjadi lebih nyaman dan betah untuk bekerja dengan hubungan antar personal layaknya keluarga. Training manajemen sdm akan sangat membantu dalam membangun loyalitas karyawan. Saat loyalitas karyawan berpadu dengan loyalitas pelanggan, perusahaan akan lebih mudah berkembang dan mempertahankan eksistensinya.

Pentingnya Loyalitas Karyawan dan Pelanggan

Sebuah bisnis yang sehat dibangun di atas loyalitas karyawan dan pelanggannya. Namun untuk mendapatkan keduanya, pengusaha harus tahu apa yang diinginkan oleh karyawan dan pelanggannya. Itulah kenapa loyalitas begitu mahal dan cara membuat karyawan menjadi satu hal yang banyak dicari oleh pelaku usaha.

Cara membuat karyawan loyal adalah dengan memenuhi kebutuhan mereka, termasuk menjaga lingkungan kerja yang nyaman. Di sisi lain, pelanggan menginginkan produk yang bagus, cepat dan murah. Ketiganya harus dipenuhi. Jika satu komponen ada yang gagal dipenuhi, potensi pelanggan pindah ke kompetitor akan lebih tinggi.

Loyalitas karyawan juga demikian. Untuk menjaga mereka agar tetap bertahan di perusahaan, pengusaha harus mampu memenuhi kebutuhannya. Misalnya saat mereka merasa kurang bersemangat atau jenuh, training motivasi karyawan harus diadakan. Di samping itu, pengusaha dan HRD juga harus bekerja sama dan membekali diri dengan training manajemen sdm.

Mindset Penting dalam Membangun Winning Business

Cara membuat karyawan loyal bisa ditempuh dengan memahami dan mengoptimalkan 3 komponen yang membuat karyawan loyal. Ketiga komponen tersebut adalah kebanggaan, loyalitas terbalik dan prestasi. Ketiga hal inilah yang akan Anda pelajari dalam training manajemen sdm.

Saat orang merasa bangga pada sesuatu, mereka akan menjaga kebanggaan tersebut. Mereka akan membelanya jika ada yang merendahkan. Training manajemen sdm akan mendorong terbentuknya budaya seperti ini. Karyawan pun akan merasa bangga dengan pekerjaan dan perusahaan tempat ia bekerja hingga mampu bekerja lebih optimal.

Di samping kebanggaan, karyawan juga bisa menjadi loyal jika perusahaan loyal kepadanya. Mereka akan tergerak untuk mengikuti jejak yang sama. Jika perusahaan peduli dengan kebutuhan karyawan dan memberikan training motivasi karyawan bukan hanya untuk meningkatkan produktivitasnya namun juga demi kehidupan personal yang lebih berkualitas, mereka akan memberikan hal yang sama kepada perusahaan.

Perusahaan perlu memahami bahwa cara membuat karyawan loyal bukanlah dengan memberinya tantangan yang besar. Meski ada orang yang suka dengan tantangan, faktanya ada lebih banyak orang yang tidak suka dengan itu semua. 

Cara membuat karyawan loyal yang berikutnya adalah dengan memberikan kemudahan untuk berprestasi. Saat karyawan mendapat kemudahan untuk berprestasi, ia akan lebih mudah loyal. 

Perusahaan harus mampu menetapkan target pekerjaan yang masuk akal dan diberikan secara bertahap, dimulai dari target kecil yang kemudian ditingkatkan seiring dengan perkembangan karyawan. Hal tersebut juga perlu diimbangi dengan training motivasi karyawan sebagai asupan spirit untuk menghadapi setiap tantangan yang diberikan.

About Instructor

Coach Tom

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

38 Courses

+2 enrolled
Not Enrolled
IDR150000

Course Includes

  • 9 Lessons

Responses